Pembakaran pada mesin merupakan suatu proses dasar kimia untuk mengkonversi energi panas menjadi energi gerak / kinetic.
Jenis pembakaran mesin di klasifikasi menjadi 2 tipe: Pembakaran di dalam mesin (Internal Combustion Engine) dan pembakaran di luar mesin (External Combustion Engine).
Internal Combustion Engine (ICE)
Mesin dengan ruang bakar tertutup adalah jenis mesin yang yang paling sering digunakan pada saat ini, seperti ditemui pada sepeda motor, mobil, bus, truk dan kendaraan lainnya yang menggunakan mesin bensin dan diesel dengan prinsip kerja 4 langkah, 2 langkah dan mesin wankel dengan design rotary.
Proses kerja ICE – Campuran udara dan bahan bakar dihisap masuk kedalam ruang bakar, kemudian dibakar sehingga terjadi ledakan dari gas yang kemudian mengembang dan menghasilkan daya dorong pada piston untuk memutar poros engkol (crankshaft) yang kemudian dilanjutkan melalui sistem roda gigi di powertrain untuk menggerakkan roda kendaraan.
Kelebihan mesin dengan sistem pembakaran internal:
- Dimensi lebih kecil dengan konstruksi mesin sederhana tanpa komponen pembakaran tambahan seperti yang ditemui pada jenis mesin pembakaran eksternal.
- Konsumsi bahan bakar lebih efisien karena panas yang dihasilkan lebih efektif terbakar pada ruang tertutup.
- Menghasilkan tenaga lebih baik dibandingkan mesin pembakaran eksternal, konsisten dan lebih mudah untuk dioperasikan.
External Combustion Engine (ECE)
Mesin dengan ruang bakar eksternal adalah jenis mesin dengan desain ruang bakar terpisah dari mesin itu sendiri, jenis mesin ini jarang di temui pada kendaraan masa kini karena dinilai tidak efisien seiring dengan perkembangan teknologi, jenis mesin ini sempat digunakan pada pesawat uap, kereta api uap dan kapal uap di masa nya.
Proses kerja ECE – Proses pembakaran terjadi di luar / terpisah dari mesin, kemudian energi panas yang dihasilkan akan dihantarkan oleh komponen tambahan dan kemudian di konversi menjadi energi gerak.
Kelebihan mesin dengan sistem pembakaran internal:
- Dapat memakai semua jenis bahan bakar; cair, padat dan gas.
- Dapat menggunakan bahan bakar dengan kualitas rendah.
- Cocok untuk melayani kendaraan berdaya tinggi dengan beban berat dalam satu poros.
Seiring dengan kemajuan teknologi dan zaman, mesin kendaraan dengan sistem pembakaran internal akan ditinggalkan kedepannya, seperti yang terjadi pada mesin kendaraan dengan tipe pembakaran eksternal yang sudah lama ditinggalkan. Mesin dengan tenaga listrik pada kendaraan (EV – Electric Vehicle) akan segera dijadikan pilihan karena jauh lebih responsif, sederhana, efisien dan ramah lingkungan.