Bagian II – Sejarah Evolusi Sepeda Dari Masa ke Masa.
(1534)
Fenrir_Engineering – Konsep kendaraan roda 2 (sepeda) sudah ada sejak tahun 1534 yang pertama kali di sketsakan oleh Leonardo da Vinci yang kemudian rumornya digambarkan ulang oleh Gian Giacomo Caprotti seorang murid setianya.
(1790)
Kemudian prototipe sepeda paling pertama célériféré dengan bentuk kaku yang hanya bisa berjalan lurus dibangun pada tahun 1790 oleh Monsieur Chevalier Comte Mede de Sivrac yang diperkenalkan di Palace-Royal, Perancis.
(1817)
Kemudian Karl Von Drais diakui sebagai penemu sepeda pada tahun 1817 dengan “Running Machine” / Laufmaschine (Jerman) / Draisine (Inggris) yang lebih dikenal dengan nama Dandy Horse / Hobby Horse yang kemudian mendapat paten pada tahun 1818.
Célériféré (1790) tidak bisa berbelok, sedangkan Dandy Horse (1817) ciptaan Karl Von Drais sudah dilengkapi sistem kemudi yang bisa berbelok, tetapi keduanya belum memiliki pedal & bergerak dengan cara didorong dengan menggunakan kaki penunggangnya.
(1839)
Kirkpatrick Macmillan seorang pandai besi yang berasal dari Skotlandia memikirkan suatu cara agar Draisine / Danddy Horse bisa digerakkan tanpa kaki menyentuh tanah, Macmillan membuat prototipe Dandy Horse ciptaannya sendiri yang dapat digerakkan dengan pedal pada tahun 1839 dengan rangka velg besi dan roda yang masih terbuat kayu, cara kerja sistem pedalnya masih berbeda dengan pedal sepeda yang kita kenal saat ini, tidak berputar 360 derajat tetapi diayun maju mundur dan terkoneksi dengan batang penghubung (Connecting Rod) untuk menggerakkan roda belakang.
(1860)
Kemudian seorang pandai besi lainnya Pierre Michaux (Perancis) mulai membuat sepeda pada tahun 1860 dengan menambahkan sistem engkol dan pedal pada sepeda yang dapat berputar 360 derajat dan terkoneksi langsung dengan roda depan, membentuk Draisine / Dandy Horse menjadi lebih dikenal dengan nama velocipede yang sering dijuluki Boneshaker (Pengguncang-tulang) disekitaran tahun 1869, karena sangat tidak nyaman untuk dikendarai yang disebabkan oleh rangka besi tempa yang kaku dan roda kayu yang dikelilingi ban yang terbuat dari besi.
(1870)
James Starley seorang penemu dari Inggris yang kemudian dikenal sebagai Bapak Industri sepeda, memulai debutnya dengan mendirikan pabrik mesin jahitnya bersama rekannya Turner pada tahun 1861an (Coventry Sewing Machine Company). Pada tahun 1868 keponakan Turner membawa velocipede / Bone Shaker dari Perancis dan tidak lama kemudian perusahaan mesin jahit pun mulai memproduksi sepeda dan kota Coventry segera menjadi pusat industri sepeda di Inggris di tahun 1970an. Velocipedes (sepeda) ciptaannya memiliki roda dengan ukuran Jauh lebih besar di bagian depan dibandingkan roda belakangnya (Ariel) yang terkenal dengan julukan high-wheelers / penny-farthings, yang merupakan versi yang diciptakan dari hasil kaloborasi diantara James Starley dengan William Hillman. Sepeda Ariel mereka semua terbuat dari logam dan memiliki roda jari-jari kawat yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan jari-jari kayu. Jari-jari ciptaannya dipatenkan pada tahun 1874. Kemudian James Starley menjadi pembuat sepeda dan becak yang paling inovatif dan sukses di masanya. Penemuannya termasuk roda gigi diferensial dan penyempurnakan desain pada rantai sepeda.
(1876)
Karena design sepeda Starley Aerial tidak aman untuk dikendarai dengan roda depan yang jauh lebih besar dibandingkan roda belakangnya.
Kemudian seorang insinyur Harry John Lawson dari Inggris merancang ulang high-wheelers (roda tinggi) / penny-farthings menjadi “safety bicycle” yang lebih aman untuk dikendarai pada tahun 1876, walau sebelumnya “safety bicycle” sudah dikembangkan oleh insinyur Inggris lainnya Thomas Humber pada tahun 1868. “Safety Bicycle” jauh lebih aman, karena kaki pengendara bisa menjangkau tanah sehingga lebih mudah pada saat berhenti.
Sistem pedal sepeda “Safety Bicycle” rancangan awal (Desain 1877 & 1878) mirip dengan pedal konvensional rancangan Kirkpatrick Macmillan dari tahun 1839 yang sama – sama menggunakan connecting rod untuk menghubungkan pedal ke roda belakang, walaupun secara mekanis dapat bekerja secara lebih baik.
Kemudian desain sepeda “Safety Bicycle” Lawson di tahun 1879 sudah dilengkapi dengan dua buah roda gigi dan rantai yang menghubungkan pedal dan engkol dengan roda di bagian belakang. Desain “Safety Bicycle” rancangannya di tahun 1979 berfungsi lebih baik secara keseluruhan dan lebih aman menjaga kaki pengendaranya, dibandingkan dengan desain pedal sepeda sebelumnya yang terletak di bagian depan.
Setelah sepeda berevolusi dari Célériféré (1790) sampai Safety Bicycle versi (1879), sejak saat itu sepeda telah berkembang pesat dengan berbagai desain dan fungsi yang tetap menggunakan mekanisme cara kerja yang tidak jauh berbeda sampai saat ini. Fenrir_Engineering.